logo rilis

Soal Pungutan PSB SD, Pengamat Minta Airin Copot Kadisdik Tangsel
Kontributor
Doni Marhendro TN
05 Mei 2019, 22:18 WIB
Soal Pungutan PSB SD, Pengamat Minta Airin Copot Kadisdik Tangsel
Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany. FOTO: RILIS.ID/Doni Marhendro

RILIS.ID, Tangerang Selatan— Kepala Dinas Pendidikan Tangerang Selatan (Kadisdik Tangsel) Taryono terkesan tutup mata terkait adanya pungutan dalam penerimaan siswa baru sekolah dasar (PSB SD) tahun ajaran 2019/2020.

Bukannya menyelidiki dugaan pungutan liar dalam PSB SD, Taryono malah memblokir WhatsAap wartawan Rilis.id usai memuat artikel berjudul “Biaya Masuk SD Dikeluhkan, Kadisdik Tangsel : Sekolah Mana Itu”.

Pengamat kebijakan public Universitas Pamulang, Suhendar menilai Kadisdik Tangsel telah menunjukkan sikap antikritik.

Langkah Taryono ini berbanding terbalik dengan pimpinannya, Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany dan Wakil Wali Kota Benyamin Davni.

“Sikap antikritik Kadisdik bukan hal baru di Tangsel, hampir sebagian besar demikian. Mental yang tidak siap dikritik ini tidak pantas menjadi pejabat, sebaiknya dicopot dan diganti. Sebab ini bertentangan dengan kebijakan Walikota Airin Rachmi Diany dan wakil walikota," katanya, Minggu (5/5/2019).

Semestinya, menurut Suhendar, Kadisdik Tangsel mengapresiasi wartawan karena sudah melaporkan praktik pungli dalam PSB SD.

“Nah, buat apa ada banyak aplikasi pengaduan jika mentalnya antikritik? Dan kita tunggu ketegasan Wali Kota Airin Rachmi Diany, Wakil Wali Kota Benyamin Davni dan Sekda Muhammad untuk memberikan sanksi," ungkapnya.

Sebelumnya, Lisa (39), warga Kampung Bulak, Kedaung, Pamulang, mengeluhkan biaya pendaftaran Sekolah Dasar Negeri (SDN) sebesar Rp750 ribu.

Ibu dua anak itu mengaku belum mempersiapkan dananya. Sementara jadwal PSB 2019 telah di depan mata.

“Dia sudah umur enam tahun. Biaya PSB SD di sini naik Rp50 ribu dari tahun lalu yang Rp700 ribu," kata Lisa di rumahnya, Kamis (2/5/2019).

Dikonfirmasi terkait hal itu, Kadisdik Tangsel Taryono membantah keras. Baca juga: Biaya Masuk SD Dikeluhkan, Kadisdik Tangsel: Sekolah Mana Itu?

“Nggak ada biaya! Sekolah mana itu?,” singkatnya. (*)

Editor: Segan Simanjuntak




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID