logo rilis
Ratusan Bonek Serbu Kota Balikpapan
Kontributor

23 Februari 2018, 18:44 WIB
Ratusan Bonek Serbu Kota Balikpapan
Bonek ke Balikpapan. FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Balikpapan— Sekitar 150 orang suporter Persebaya Surabaya atau bonek (bondo nekat) "menyerbu" Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, untuk memberikan dukungan kepada timnya berlaga di turnamen Piala Gubernur Kalimantan Timur 2018.

Para suporter itu mendarat di Pelabuhan Semayang Balikpapan menjelang waktu Shalat Jumat menggunakan KM Mutiara Perindo yang bertolak dari Surabaya pada Kamis (22/2). Aparat Kepolisian Sektor Semayang segera mengatur mereka agar tertib.

"Kami datang buat mendukung Persebaya berlaga di Piala Gubernur Kaltim," kata Sutik Pokemon, koordinator para bonek.

Persebaya akan berlaga di Grup B turnamen Piala Gubernur Kaltim (PGK) yang dimainkan di Stadion Batakan Balikpapan mulai Sabtu (24/2). Tim berjuluk "Bajul Ijo" itu akan menghadapi sesama tim Jawa Timur, Madura United.

Kedatangan para bonek dari Surabaya disambut meriah puluhan bonek Balikpapan, warga asal Surabaya yang merantau ke Kota Minyak.

"Kami jamin ketertiban kota tidak akan terganggu," kata koordinator bonek Balikpapan, Hendra Asri.

Dari namanya "bonek", suporter Persebaya ini memang terkenal dengan fanatisme-nya saat mendukung Bajul Ijo, termasuk saat datang ke Balikpapan ini.

Mereka benar-benar nekat dengan tidak membawa perlengkapan yang memadai, seperti seharusnya orang berpergian jauh.

"Jangan khawatir, menang atau kalah Persebaya kami akan tetap menjaga suasana Kota Balikpapan tetap aman dan kondusif," kata Sutik.

Oleh petugas, para bonek diinapkan di Komplek Depo Pendidikan Kejuruan (Dodikjur) Kodam VI Mulawarman di kawasan Manggar.

Sebelumnya, seturun dari kapal, mereka kemudian diantar dengan menggunakan tiga unit truk ke Manggar dan perjalanannya dikawal aparat Polres Balikpapan dan Polsek Pelabuhan Semayang.

Persebaya menjadi satu tim unggulan untuk mencapai semifinal Piala Gubernur Kaltim kali ini. Selain komposisi dan materi pemain yang mumpuni, Bajul Ijo juga punya basis suporter, bahkan di Balikpapan, yang siap memberikan dukungan penuh.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)