logo rilis
Pesawat Lion Air Jatuh, Komisi V Minta KNKT Investigasi Menyeluruh
Kontributor

29 Oktober 2018, 22:14 WIB
Pesawat Lion Air Jatuh, Komisi V Minta KNKT Investigasi Menyeluruh
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Komisi V DPR RI, Nurhasan Zaidi, meminta agar Komite Keselamatan Transportasi Nasional (KNKT) bersama otoritas terkait, segera melakukan investigasi secara menyeluruh hingga terungkap pemicu musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang. 

"Komisi V DPR RI yang salah satunya membidangi masalah transportasi juga berhak dan akan memanggil institusi maskapai terkait untuk meminta penjelasan atas insiden ini," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (29/10/2018).  

Pesawat Lion Air jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat usai lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta pada pukul 06.30 WIB pagi tadi. 

Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini mengatakan,  musibah jatuhnya Lion Air ini bukan tanpa alasan, karena lagi-lagi terjadi insiden di bidanh transportasi udara. 

"Ada apa ini? Kita faham tidak ada yang menginginkan musibah seperti ini terjadi. Namun hal ini perlu dievaluasi, karena penyebab musibah kecelakaan ini juga mungkin bermacam-macam, mulai dari kondisi pesawat, kerusakan alat navigasi, cuaca hingga human error. Maka dari itu setelah proses evakuasi selesai, penyebab hal ini harus diungkap secara detail dan terang benderang salah satunya analisa melalui black box, biar publik mengetahui dan tidak semakin antipati terhadap dunia penerbangan Indonesia," kata Nurhasan Zaidi.

Ia juga meminta, pihak terkait, yaitu Basarnas, Kementerian Perhubungan, maskapai bersangkutan untuk memprioritaskan proses evakuasi seluruh penumpang yang mungkin masih bisa diselamatkan. 

"Lakukan itu dengan cepat, cermat dan teliti. Kita berpacu dengan waktu. Selain itu, prosedur dan aturan hukumnya jelas sekali  bahwa jika terjadi insiden pesawat udara, bila ada korban jiwa maupun korban selamat, seluruh penumpang sudah diasuransikan. Maka hak-hak para penumpang pun wajib dipenuhi oleh maskapai bersangkutan," kata Zaidi.

Ditambahkannya, untuk keluarga maupun kerabat penumpang pesawat tersebut terus doakan yang terbaik. 

"Mari kita sabar menunggu update terakhir dari Pihak Pemerintah. Walau kondisi ditemukannya pesawat sangat memprihatinkan," tambah Nurhasan Zaidi. 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID