logo rilis
Perlengkapan Tempur yang Wajib Dibawa Wartawan saat Liputan
Kontributor
Ning Triasih
09 Februari 2018, 13:56 WIB
Perlengkapan Tempur yang Wajib Dibawa Wartawan saat Liputan
ILUSTRASI: RILIS.ID/Khaerul Anom

RILIS.ID, Jakarta— Jadi wartawan itu berat, tak semua orang kuat. Kuat dari panas, hujan dan angin malam yang bisa kapan saja menerjang. Juga harus kuat dimarahi atasan kalau-kalau gagal dapat berita.

Belum lagi, harus membawa tas yang cukup berat karena diisi perlengkapan liputan. Lalu apa saja sih barang-barang yang harus dibawa wartawan saat ke lapangan?

Berikut rilis.id rangkum perlengkapan tempur yang harus dibawa wartawan saat liputan:

Kartu Nama

Jangan mengaku wartawan jika tak bisa menunjukkan kartu identitas atau kartu pers. Karenanya, untuk mempermudah liputan di lapangan dan tak dibilang wartawan abal-abal, pastikan benda ini selalu terbawa saat liputan. Kalu perlu selalu gantung di leher agar tak tertinggal.

Buku Catatan

Salah satu benda yang selalu ada di tas wartawan adalah buku catatan. Sederhana, tapi benda ini sangat berguna untuk mencatat info-info penting yang disampaikan narasumber.

Perekam Suara

Mencatat terkadang kurang lengkap, karena bisa saja ada informasi yang terlewatkan. Inilah pentingnya membawa perekan suara. Jika ada informasi yang tak sempat tercatat, wartawan tinggal mendengarkan hasil rekaman.

Kamera

Sebenarnya, kamera adalah benda wajib untuk seorang fotografer. Namun sebagai wartawan profesional, alat ini juga penting. Gunanya untuk memotret momen-momen yang tengah diliput.

Smartphone

Nah, jika Anda tak mau repot membawa kamera, perekam suara maupun buku catatan, solusinya bawa smartphone yang mendukung ketiga hal tadi. Syaratnya, bawalah gadget yang didukung kamera berkualitas baik dan jernih.

Internet

Di zaman yang sudah serba canggih seperti sekarang, apalah arti HP mahal dan bagus jika tak ditunjang jaringan Internet. Terlebih bagi Anda wartawan yang bekerja di media online maupun televisi. Jadi, pastikan paket Internet Anda selalu aktif ya!

Headset

Headset sebenarnya bukan benda wajib. Namun, barang yang satu ini juga cukup penting untuk kegiatan jurnalistik Anda. Dengan menggunakan headset, Anda dapat mendengarkan hasil rekaman dengan lebih jelas.

Jaket

Sebagai wartawan, Anda tak mau sakit gara-gara kehujanan, kepanansan atau masuk angin karena udara malam, bukan? Disinilah pentingnya jaket bagi wartawan.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)