logo rilis
Pengamat: Insiden Piala Presiden, Blunder bagi Jokowi
Kontributor
Budi Prasetyo
19 Februari 2018, 11:22 WIB
Pengamat: Insiden Piala Presiden, Blunder bagi Jokowi
Presiden Joko Widodo menyerahkan Piala Presiden kepada Kapten Persija Jakarta, Ismed Sofyan dan pemain Persija Bambang Pamungkas, usai final piala Presiden. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Surabaya— Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura, Surokim Abdussalam menilai, insiden di final Piala Presiden bisa menjadi blunder bagi pribadi Joko Widodo, karena peristiwa itu menjadi viral dan diketahui masyarakat luas.

"Orang-orang di sekitar Jokowi harus memahami psikologi masyarakat Indonesia, sehingga tidak blunder,"  katanya ketika dikonfirmasi di Surabaya, Senin (19/2/2018).

Surokim mengatakan, orang-orang di dekat Jokowi harus cerdas dalam bersikap, karena pertarungan di Pemilihan Presiden 2019 sudah sangat dekat. 

"Itu juga perlu jadi evaluasi bagi orang orang di lingkaran Jokowi. Hal begitu semestinya tidak perlu karena bisa merugikan jokowi sendiri," 

Menurutnya, kepekaan politik orang di sekitar Jokowi perlu diasah, agar kebijakan yang dilakukan tidak menimbulkan polemik di masyarakat.

"Kepekaan politik itu perlu dievaluasi dari insiden kemaren. Politik kita itu politik melow. Siapa yang teraniaya semakin dapat simpati publik. Dan yang menjadi viral, efektif komunikasi politiknya," tambahnya.

Surokim menambahkan, insiden Piala Presiden itu akan menguntungkan partai oposisi yang menjadi pengusung Anies Baswedan di Pilkada DKI. 

"Insiden GBK itu akan menguntungkan partai oposisi. Saya pikir itu aneh. Selama ini Jokowi selalu bisa bermain cantik. Tapi kasus ini menjadi pelajaran berharga untuk tim di sekitar Jokowi agar semakin paham psikologi publik Indonesia yang selalu berempati kepada pihak-pihak yang teraniaya," pungkasnya. 

Sebelumnya, beredar video Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ditahan Paspampres pada saat penyerahan piala kepada pemain Persija Jakarta, usai menjadi juara Piala Presiden 2018, oleh Presiden Jokowi, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (17/2/2018) malam.

Baca: Persija Juara Piala Presiden, Tak Ada Podium untuk Anies di GBK

Dalam video tersebut, Anies yang berada di belakang Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, turun mengikuti Jokowi menuju podium yang sudah disiapkan di lapangan.

Namun saat akan turun dari kursi VIP, Anies ditahan Paspampres yang tidak memperkenankannya turut serta ke lapangan. 

Editor: Kurniati


500
komentar (0)