logo rilis
Paula Modersohn-Becker, Pelukis Berani Gambar Diri Tanpa Busana
Kontributor
Ning Triasih
08 Februari 2018, 12:31 WIB
Paula Modersohn-Becker, Pelukis Berani Gambar Diri Tanpa Busana
Paula Modersohn-Becker jadi Google doodle hari ini, Kamis (8/2/2018). FOTO: Screenshot Google

RILIS.ID, Jakarta— Ilustrasi seorang wanita dikelilingi berbagai lukisan tengah menghiasi Google doodle hari ini, Kamis (8/2/2018). Sosok itu adalah Paula Modersohn-Becker yang hari ini berulang tahun ke-142. Siapa dia?

Bagi Anda yang pencinta seni khususnya seni lukis, pasti tahu siapa Paula Modersohn-Becker. Ya, dia adalah pelukis muda legendaris asal Jerman yang ekspresif.

Lewat lukisannya, Paula Modersohn-Becker menuangkan keberanian, ambisi, ketegasan dan perasaannya. 

Menyebut nama Paula Modersohn-Becker, orang akan teringat dengan salah satu karyanya yang fenomenal, yakni lukisan dirinya tanpa busana alias telanjang.

Dikutip dari berbagai sumber, lukisan diri dari seniman muda kelahiran 1876 ini disebut-sebut menjadi potret dirinya yang paling halus dan emosional.

Pasalnya, lukisan itu ia buat tepat di hari ulang tahun pernikahannya yang keenam, seperti yang ditulisnya dalam cat hijau zaitun di sudut kanan bawah kanvas.

Paula Modersohn-Becker mencapai puncak kejayaannya sebagai pelukis pada 1906. Saat itu, ia menghasilkan lebih dari 80 lukisan.

Dua lukisannya, Picasso dan Matisse, saat itu memperkenalkan pada dunia dengan konsep modernisme. Itu adalah ide baru yang menggerus berbagai metode tradisional di masa lampau.

Ketenaran Paula rupanya tak bertahan lama. Usai melahirkan, ia mengeluh sakit kaki. Dokter menyarankan untuk tetap di tempat tidur.

Namun, tiba-tiba ia tutup usia setelah berjalan beberapa langkah saja. Paula meninggal di usia yang masih cukup muda, 31 tahun pada 21 November 1907.

Hingga akhir hayatnya, ia telah menghasilkan sebanyak 750 lukisan dan sekitar 1000 gambar.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)