logo rilis

Mantan Jenderal di Lingkaran Jokowi untuk Menangkal Prabowo dan Gatot
Kontributor

13 Februari 2018, 21:43 WIB
Mantan Jenderal di Lingkaran Jokowi untuk Menangkal Prabowo dan Gatot
Ray Rangkuti. FOTO: RILIS.ID/Armidis

RILIS.ID, Jakarta— Direktur Lingkar Madani Indonesia (Lima) Ray Rangkuti menduga, masuknya beberapa mantan jenderal ke lingkaran Presiden Joko Widodo merupakan upaya Jokowi memuluskan langkahnya pada pemilihan presiden 2019. Merangkul para pensiunan jenderal dianggap sebagai langkah Jokowi menangkal beberapa calon presiden berlatar belakang militer.

"Saya pikir iya, karena ada beberapa mantan jenderal nantinya yang potensial menjadi saingan politik Pak Jokowi. Selain Pak Prabowo, kan ada Gatot Nurmantyo," kata Ray di Jakarta Selatan, Selasa (13/2/2018).

Ray menuturkan, masuknya beberapa pensiunan jenderal ke lingkaran Jokowi akan memberi dampak positif. Karena, setidaknya akan terjadi konsolidasi kekuatan politik dari latar belakang militer ke internal Jokowi.

Selain itu, sambung Ray, menguatnya dukungan mantan jenderal ke kekuasaan Jokowi membuat dukungan dari keluarga besar militer ke sosok alumni TNI, seperti Prabowo dan Gatot, semakin tergerus.

"Dengan memasukkan kelompok yang berpengaruh di lingkungan TNI sedikit banyak akan mengonsolidasi Pak Jokowi ke internal TNI akan terjadi, dibanding dia lepas," ujar lulusan UIN Jakarta tersebut.

Diketahui, Mantan Panglima TNI Moeldoko manyusul masuk ke dalam lingkaran kekuasaan Jokowi Kepala Staf Kepresidenan menggantikan Teten Masduki. Sebelumnya, ada beberapa nama termasuk Agum Gumelar yang menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Editor:


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)