logo rilis
Mantan Anggota DPR Sebut Ada Gajah dalam Proyek e-KTP
Kontributor
Tari Oktaviani
12 Februari 2018, 17:30 WIB
Mantan Anggota DPR Sebut Ada Gajah dalam Proyek e-KTP

RILIS.ID, Jakarta— Mantan anggota Komisi II DPR RI, Nu'man Abdul Hakim, mengaku pernah mendengar ada penguasa proyek kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP) dari Kementerian Dalam Negeri.

Hal ini ia sampaikan saat menjadi saksi dalam sidang kasus korupsi e-KTP, dengan terdakwa Setya Novanto.

Menurut Nu'man, mulanya ia merasa bahwa proyek e-KTP tidak berjalan sempurna. Pasalnya, ia pribadi sudah melakukan perekaman dua kali namun belum juga membuahkan hasil.

"Saat Pak Agun (Gunandjar) Ketua Komisi II siapa sih menyelenggarakan e-KTP dalam pandangan saya tidak profesional. Saya tanya Pak agun siapa ini, kemungkinan ini tidak profesional," kata Nu'man di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (12/2/2018).

Sekanjutnya, ujar Nu'man, Agun Gunandjar memberi informasi, bahwa proyek ini dikuasai oleh 'gajah-gajah' di kementerian yang dalam hal ini Kemendagri.

Bahkan Nu'man juga mengatakan, sempat diberi pesan oleh Agun untuk tidak melibatkan diri lebih jauh.

"Kemudian Pak Agun jawab kemungkinan gajah-gajah, (dia pesan) jangan sampai melibatkan diri dan terlibat," ujar Nu'man.

Saat ditanya Jaksa apa maksud gajah tersebut, Nu'man mengartikannya sebagai suatu pihak yang punya kekuasaan besar, sehingga dapat mengintervensi proyek e-KTP.

"Ada suatu badan atau orang yang besar. Bayangan saya ya kementerian aja. Pak Agun enggak sebutkan, tapi saya tafsirkan kira-kira kementerianlah yang memengaruhi," katanya.

Selain itu, Nu'man juga mengaku pernah mendapat pesan dari mantan Wakil Ketua Komisi II DPR Ganjar Pranowo. Saat itu, kata dia, Ganjar sempat mengingatkan dirinya agar tak menerima uang terkait proyek e-KTP.

"Pak Ganjar pernah sampaikan kalau ada yang nawarin apapun dari e-KTP ini, Pak Nu'man jangan mau terima, termasuk uang. Saya bilang oh iya," ungkapnya.

Editor:


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)