logo rilis
Komisi VI: Wacana Kenaikan Daya Listrik 'Digoreng' Lawan Politik Pemerintah
Kontributor
Tio Pirnando
16 November 2017, 11:34 WIB
Komisi VI: Wacana Kenaikan Daya Listrik 'Digoreng' Lawan Politik Pemerintah
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafiz Faza.

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Komisi VI DPR RI Darmadi Durianto mengatakan, rencana pemerintah menaikkan besaran daya listrik rumah tangga dibutuhkan pengkajian mendalam. Pasalnya, kebijakan itu akan langsung dirasakan oleh masyarakat.

“Sekalipun niatan itu baik, jangan sampai yang diterima oleh masyarakat menjadi negatif," ujarnya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Darmadi menjelaskan, diperlukannya kajian mendalam, bertujuan agar lawan politik dari pemerintah tidak mudah mencari celah untuk menyerang.

Jika hal itu terjadi, menurut politisi PDIP ini, akan berdampak pada terganggunya program kerja dari pemerintah. Karena akan disibukkan oleh serangan dari pihak lawan.

“Jangan sampai rencana kenaikan daya listrik ini 'digoreng' oleh lawan politik yang tentunya akan merugikan pemerintahan Jokowi,” paparnya.

Segala hal yang terkait tarif atau kenaikan harga maupun daya, sambung Politisi asal Kalimantan Barat ini, merupakan kebijakan yang sangat sensitif. Jika tidak dilakukan kajian mendalam dan sosialiasi yang intensif, Darmadi menduga, besar kemungkinan masyarakat akan khawatir, dan bertanya-tanya atas kenaikan daya listrik tersebut.

“Jika sekarang ini ada rencana perubahan daya listrik, tentunya akan menambah kekhawatiran masyarakat,” pungkas Bendahara Umum Megawati Institute itu.

Diketahui, baru-baru ini muncul pengumuman dari Kementerian ESDM yang mengatakan akan ada penyatuan golongan daya listrik pelanggan PLN tipe residensial. Penyederhanaan ini berlaku kepada pelanggan golongan 900 VA non subsidi, 1.300 VA, 2.200 VA, dan 3.300 VA. Semua golongan tersebut akan dinaikkan, dan ditambah dayanya menjadi 4.400 VA.

Sedangkan golongan 450 VA dengan pelanggan sebanyak 23 juta rumah tangga, dan golongan 900 VA dengan pelanggan 6,5 juta rumah tangga yang disubsidi oleh pemerintah, tidak mengalami perubahan. Bagi konsumen golongan 4.400 VA hingga 12.600 VA dinaikkan, dan ditambahkan dayanya menjadi 13.000 VA, dan golongan 13.000 VA ke atas dayanya akan di-loss stroom.


#Daya Listrik
#Listrik
#PLN
500
komentar (0)