logo rilis
Klop! Jokowi dan Prabowo Komit Pertahankan Pancasila
Kontributor
RILIS.ID
30 Maret 2019, 22:57 WIB
Klop! Jokowi dan Prabowo Komit Pertahankan Pancasila
ILUSTRASI: RILIS.ID

RILIS.ID, Jakarta— Debat keempat calon presiden (capres) berakhir imbang. Jokowi dan Prabowo sama-sama berkomitmen merawat dan mempertahankan ideologi bangsa Pancasila. Narasi dan komunikasi verbal maupun nonverbal yang dibangun keduanya pun sangat bagus.

"Saat menyampaikan lima topik yang diangkat dari pemerintahan, ideologi, pertahanan sampai hubungan internasional, keduanya berimbang," kata Pengamat Politik Indonesian Public Institute (IPI), Jerry Massie, Sabtu (30/3/2019).

Menurut Jokowi, lahirnya Pancasila melalui kesepakatan pemimpin bangsa dari berbagai ras, agama, dan suku. Sang petahana Jokowi juga memaparkan ide cemerlang yakni menjaga dan merawat Pancasila dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Begitupula dalam kebijakan pemerintah, Jokowi menjelaskan tentang Dilan (digital melayani). Memang belum sepenuhnya terjadi reformasi birokrasi . Tapi bagi Jerry, periode ini masih banyak yang perlu diperbaiki agar good and clear government terwujud.

"Reformasi dan pelayanan publik lumayan baik ketimbang periode lalu. Lewat elektronik, peningkatan kualitas aparatur, masih perlu di push lagi khususnya dari sisi IT dan bahasa serta etos kerja. Gaji naik tapi kualitas kerja rendah percuma,” paparnya.

Sementara itu, Prabowo menyatakan Pancasila sebagai ideologi sudah final dan bukan lagi wacana.

"Semoga apa yang disampaikan jangan sampai lips service. Jika ada kelompok yang mau merubah dengan sistem khilafah, Prabowo harus lawan dan tolak,” ungkap Jerry.

Menurut Prabowo, kutip Jerry, kompromi besar dan kecemerlangan dari Pancasila mempersatukan ratusan etnis, suku, dan budaya.

Itulah mengapa ia salut dengan Prabowo yang kemudian menyatakan bersumpah mempertahankan Pancasila. Kalau ada yang merubah akan dia akan lawan.

Di sisi lain, Prabowo memiliki tekad memberantas korupsi. Pemerintah tidak akan kuat kalau banyak korupsi. Dan, membela rakyat adalah yang utama. (*)

Editor: gueade




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID