logo rilis
Kim Jong Un Undang Presiden Korsel Kunjungi Korut
Kontributor
Intan Nirmala Sari
11 Februari 2018, 06:06 WIB
Kim Jong Un Undang Presiden Korsel Kunjungi Korut
FOTO: NBC News

RILIS.ID, Seoul— Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un mengundang Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in, untuk melakukan pembicaraan di Pyongyang. Pernyataan tersebut disampaikan para pejabat Korsel, Sabtu (10/2/2018). Ini jadi pertemuan pertama antara kedua pemimpin Korea, dalam 10 tahun terakhir. 

Jae-in yang naik ke tampuk kekuasaan tahun lalu, memutuskan lebih banyak menyertakan Korut dalam mendorong solusi diplomatik. Itu mengacu pada kebuntuan terkait program nuklir dan peluru kendali Korut.

Undangan pribadi Kim disampaikan secara lisan oleh adik perempuannya Kim Yo Jong, dalam pembicaraan dan jamuan makan siang dengan Moon sebagai tuan rumah di Wisma Biru Seoul.

"Dalam waktu dekat (Jong Un ingin bertemu Jae-in). Kapan saja sesuai kesediaannya (Jae-in untuk berkunjung ke Korut)," kata adiknya kepada Moon. 

Yo Jong juga mengatakan bahwa, "mari ciptakan suasana agar itu bisa terlaksana," sebagaimana dijelaskan juru bicara Wisma Biru Kim Eui-kyeom kepada wartawan.

Juru bicara kepresidenan mengatakan Jae-in menerima secara praktis undangan tersebut.

"Kami ingin melihat Anda pada waktunya di Pyongyang", kata Kim Yo Jong kepada Jae-in dalam jamuan itu, dan menyampaikan surat pribadi abangnya yang menyatakan keinginanya untuk memperbaiki hubungan antar-Korea.

Namun, prospek pembicaraan dua pihak antara Korsel dan Korut, mungkin tak disambut baik oleh Amerika Serikat (AS).

Washington telah menerapkan strategi menekan Pyongyang melalui sanksi-sanksi keras dan retorika pedas. AS juga menuntut Korea untuk tak mengembangkan senjata nuklir terlebih dulu sebelum melakukan pembicaraan.


500
komentar (0)