logo rilis
Khusus India, Bulan Ini Kirim Uang Bisa via WhatsApp
Kontributor
Ning Triasih
12 Februari 2018, 15:13 WIB
Khusus India, Bulan Ini Kirim Uang Bisa via WhatsApp
ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Layanan pesan singkat WhatsApp terus mengembangkan fitur-fiturnya. Terbaru, diluncurkan fitur pembayaran digital bertajuk "WhatsApp Payments".

Sebenarnya, kabar kemunculan WhatsAppa Payment telah berembus sejak Januari 2018 lalu. Sementara peluncurannya sendiri direncanakan bulan ini.

Namun, di India, fitur tersebut telah diuji coba, khususnya bagi pengguna yang tergabung dalam program beta. Lalu bagaimana penggunaannya?

WhatsApp Payment memakai sistem Unified Payments Interface (UPI). Sistem pembayaran ini memfasilitasi transaksi lintas bank di India, seperti State Bank of India, ICICI Bank, HDFC Bank dan Axis Bank.

Saat ini, WhatsApp Payments terbatas pada transaksi uang antar-pengguna, alias peer-to-peer. Pengguna belum bisa melakukan transaksi ke merchant pihak ketiga.

Adapun untuk cara bertransaksi dengan WhatsApp Payments adalah sebagai berikut:

1. Dua pihak pengguna yang hendak bertransaksi harus mengikuti program beta dan meng-install WhatsApp versi teranyar pada iOS maupun Android.

2. Selanjutnya, jika pengguna ingin mengirim uang, cukup tekan ikon “attachment” kemudian pilih “Payments”.

3. Usai menekan opsi "Payments", lanjutkan dengan memilih kontak atau tujuan yang hendak Anda kirimkan uang, pilih akun bank Anda dan penerima, masukkan nominal uang, masukan pin UPI, uang Anda pun akan terkirim secara virtual.

Dalam transaksi digital ini, pastikan nomor seluler untuk mengakses WhatsApp sesuai dengan nomor seluler yang tertaut dengan akun bank pengguna via UPI.

Ingat, layanan WhatsApp ini baru tersedia di India. Sementara di negara lain belum jelas kapan akan diluncurkan.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)