logo rilis
Kendali Konsolidasi Demokrasi ada di Gubernur
Kontributor

23 Februari 2018, 02:22 WIB
Kendali Konsolidasi Demokrasi ada di Gubernur
FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, konsolidasi demokrasi menjadi agenda penting tahun ini. Untuk itu, gubernur dianggap kunci stabilitas keamanan dalam menjaga berlangsungnya konsolidasi tersebut. 

“Peran gubernur jadi kunci dalam menjaga stabilitas keamanan di daerahnya masing-masing,” kata Tjahjo dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis (22/2/2018). 

Tjahjo juga menyampaikan bahwa gubernur lah yang paham situasi dan kondisi daerah. Karenanya, koordinasi dan komunikasi harus tetap dijaga seluruh elemen masyarakat.

"Semua harus dilibatkan dalam membangun iklim sejuk, dari proses konsolidasi demokrasi politik," ungkapnya.

Kunci lainnya, para gubernur diminta untuk mencermati dinamika daerahnya masing-masing. Perkembangannya harus diidentifikasi berdasarkan potensi masalahnya, sekecil apapun itu harus dicermati.

“Dengan begitu, potensi-potensi yang mengarah pada gesekan, konflik dan instabilitas bisa secepatnya diantisipasi,” tandasnya. 

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menyampaikan imbauannya dalam Rapat Kerja Nasional Asosiasi (APPSI) di Trans Luxury Hotel Bandung, Rabu (21/2) malam. Dalam paparannya, Tjahjo yang mewakili Presiden Joko Widodo meminta para Gubernur menjaga 'kesejukan' di tahun politik.  

Editor:


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)