logo rilis

Kemendagri Mau Buat Dua Model KTP, Setuju?
Kontributor

13 Februari 2018, 21:09 WIB
Kemendagri Mau Buat Dua Model KTP, Setuju?
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma.

RILIS.ID, Jakarta— Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) rencanannya akan membuat dua model KTP elektronik, yakni untuk penganut agama dan penghayat kepercayaan. Ini merupakan usulan dari MUI kepada pemerintah.

Bila disetujui, sama saja ada model KTP khusus bagi warga yang meyakini aliran kepercayaan. Tapi, gagasan ini, tentu akan dibahas bersama dalam rapat terbatas (ratas) bersama Presiden Jokowi.

"Akan dibahas dulu dalam ratas," kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di Kantor Kemendagri Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Wakil Ketua SETARA Institute, Bonar Tigor Naispospos, mempertanyakan alasan dari wacana penerapan dua model KTP tersebut. Menurutnya, ini akan jadi pembeda, seperti mengekalkan ada dua tipe warga negara.

"Seharusnya cukup satu yang standar bagi semua," kata Bonar.

Pengamat Hukum Tata Negara Universitas Parahyangan Bandung, Asep Warlan Yusuf, menambahkan, memang sebaiknya cukup satu bentuk KTP. Formatnya di kolom agama itu, memakai garis miring.

"Kan lazimnya begitu. Jadi, agama/kepercayaan," tambah Asep.

Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arif Fakhrulloh, menyatakan bahwa model ini memang menjadi masukan dari banyak kalangan. Namun, finalnya tetap ditangan Presiden.

Dengan begitu, bagi pemeluk agama, maka KTPnya hanya tertulis kolom agama dengan keterangannya. Sedangkan, penghayat akan tertulis "Kepercayaan: Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa".

"Tanpa dicantumkan spefisik kepercayaan apa yang dianut," tambahnya.

Editor: Andi Mohammad Ikhbal


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)