logo rilis
KPK Akan Tegaskan Status Taufik Kurnian Sore Ini
Kontributor

30 Oktober 2018, 15:05 WIB
KPK Akan Tegaskan Status Taufik Kurnian Sore Ini
Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan. FOTO: RILIS.ID

RILIS.ID, Jakarta— Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengumumkan status Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi PAN, Taufik Kurniawan pada Selasa sore ini.

"Kita akan umumkan sore nanti, Bu Basari (Basaria Panjaitan) akan umumkan sore statusnya sementara ini masih dicekal seperti apa bentuknya kita tunggu saja," ujar Wakil Ketua KPK Saut Situmorang seperti dilansir Antara pada Selasa (30/10/2018).

Saat ini KPK telah menetapkan status pencekalan bagi Taufik Kurniawan atas dugaan keterlibatan korupsi pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Kebumen Tahun Anggaran 2016.

Menurut Saut, penyidik KPK masih mendalami keterlibatan Taufik. Nantinya, penetapan status Wakil Ketua DPR RI ini baru akan diketahui sore ini.

"Sabar aja tunggu siapa tahu ada perubahan kan itu penyidiknya bekerja. Nanti sore akan diumumkan. Kalau diumumkan sekarang nanti ngak 'suprise' lagi," ucapnya.

Disinggung mengenai kedatangan Amien Rais ke KPK yang diduga terkait kasus Taufik, Saut menyebut sah-sah saja mendatangi kantor komisi antirasuah tersebut.

Menurut Saut, keterangan Amien Rais bisa saja berharga dalam melengkapi kasus yang sedang ditangani KPK. Namun, alasan pimpinan KPK tidak bisa menemui Amien Rais kemarin, karena tengah menggelar rapat.

"Memang kita lagi rapat pas dia (Amien) datang. Namun, apabila Amien Rais mau menyampaikan keberatan atas status pencekalan Taufik Kurniawan, hal itu salah alamat," ujarnya.

"Tentang apapun yang disampaikan kita terima, tapi keberatan terhadap satu kasus itu ada tempatnya di praperadilan dan lain-lain," tambahnya.

Sebelumnya, Amien tiba-tiba saja datang ke gedung KPK Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (29/10/2018). Ia tiba sekitar pukul 14.00 WIB.

Amien yang menggenakan baju koko berwarna putih dan peci berwarna hitam itu tak menjawab sejumlah pertanyaan awak media terkait kedatangannya ke KPK tersebut.

Pria yang juga anggota badan pemenangan Prabowo-Sandi itu memilih untuk masuk ke dalam gedung terlebih dahulu.

"Nanti ya, jangan khawatir. Masuk dulu," kata Amien di KPK, Jakarta.

Sementara itu, politikus Gerindra, Fery Juliantono menyampaikan kedatangan Amien Rais untuk meminta KPK tidak tebang pilih dalam setiap kasus dugaan korupsi.

Salah satunya yakni kasus dugaan aliran dana suap ke Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Untuk menyerahkan sikap kita, kemudian ada beberapa tambahan dokumen terus kita minta KPK pertama untuk menindaklanjuti beberapa yang sedang diselidiki, supaya berani juga KPK," kata Fery.

"Pertama soal kasus meikarta, kasus buku merah, apa segala macam, jadi ga usah takut kpk untuk mengungkap keterlibatan apakah pengusahanya atau pejabatnya," sambungnya.

Sementara itu pihak KPK tak ambil pusing dengan tudingan bahwa KPK tebang pilih. Juru bicara KPK, Febri Diansyah, menyampaikan pihaknya pun terbuka untuk siapa saja yang ingin melaporkan atau membantu KPK dalam pengusutan suatu kasus.

"Dalam keadaan berduka karena insiden pagi ini (Lion Air), kami kira tidak baik jika ada tudingan-tudingan tidak berdasar," kata Febri.

Editor:




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID