logo rilis

Junjung Tinggi Musyawarah, PAN Siap Berapapun Angka Presidential Threshold
Kontributor

12 Juli 2017, 18:35 WIB
Junjung Tinggi Musyawarah, PAN Siap Berapapun Angka Presidential Threshold
Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan. FOTO: Humas MPR

RILIS.ID, Jakarta— Partai Amanat Nasional (PAN) punya cara sendiri menyikapi alotnya pembahasan RUU Pemilu terkait presidential threshold. Di tengah alotnya opsi presidential threshold 20, 10 dan 0 persen, PAN tetap berkeinginan menjunjung tinggi musyawarah mufakat. 

Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan mengatakan pihaknya merasa tidak mempersoalkan terkait beberapa usulan presidential threshold. Ia pun mengaku sepenuhnya menyerahkan persoalan ini kepada Fraksi PAN di DPR.

"Ya itu urusan fraksi, kami soal Pemilu yang penting musyawarah mufakat. Yang penting musyawarah, nol boleh, sepuluh boleh," kata Zulkifli di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (12/7/2017). 

Zulkifli yang juga Ketua MPR ini menekankan, apapun keputusan yang dihasilkan dalam Pansus RUU Pemilu nanti, harus dihormati oleh seluruh elemen fraksi dan masyarakat luas. 

Ia juga mengharapkan, pembahasan dan pengesahan RUU Pemilu dapat selesai dengan cepat dan tepat. Lalu yang juga diinginkannya adalah prosesnya tetap didasarkan pada musyawarah mufakat. 

"Ya kalau (bahasa) konstitusinya kan karena (Pemilu 2019 itu) bersamaan, oleh karena itu pertanyaannya kita mau pakai ambang batas yang mana, intinya bagi kami asal musyawarah mufakat kita ikuti," terangnya.

Untuk diketahui, sebelumnya telah dilakukan lobi-lobi lintas sekjen parpol guna membahas persoalan presidential threshold. Dalam kesempatan itu Sekjen PAN, Edy Suparno berhalangan hadir. 

Menanggapi hal tersebut Zulkifli mengakui bahwa memang sekjennya tersebut berhalangan hadir. Ia menjelelaskan bahwa saat ini Edy Suparno tengah berlibur ke Amerika Serikat.

"Sekjen PAN lagi di Amerika. Ini saya juga baru pulang dari NTB," pungkasnya.


#pan
#presidential threshold
#voting
#musyawarah mufakat
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)