logo rilis

Jadi Menteri Terbaik Dunia, Ini Deretan Prestasi Sri Mulyani
Kontributor
Ning Triasih
12 Februari 2018, 13:01 WIB
Jadi Menteri Terbaik Dunia, Ini Deretan Prestasi Sri Mulyani
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, saat menerima Penghargaan Best Minister in the World Award di World Government Summit, Dubai. FOTO: Dokumen Kementerian Keuangan.

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati baru saja dinobatkan sebagai Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) pada World Goverment Summit di Dubai, Uni Amirat Arab.

Gelar menteri terbaik ini adalah penghargaan global yang dianugerahkan pada satu menteri dari seluruh negara setiap tahunnya.

Jangan heran kalau Sri Mulyani dapat julukan menteri terbaik dunia. Sebelumnya, ia juga sempat menyebat beberapa penghargaan yang tak kalah bergengsi. Apa saja?

Berikut deretan prestasi dan penghargaan Sri Mulyani dihimpun dari berbagai sumber:

Menteri Keuangan Terbaik 2006

Sri Mulyani rupanya pernah dinobatkan sebagai menteri keuangan terbaik 2006 versi Euromoney. Penghargaan itu diberikan sebagai apresiasi atas kinerjanya yang dinilai sukses dalam menghalau berbagai isu ekonomi yang menghantam Indonesia kala itu.

Menteri Keuangan Terbaik di Asia 2006-2008

Sri Mulyani juga pernah dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia oleh majalah Emerging Markets pada 2006. Kemuadian pada 2007 dan 2008, Emerging Markets kembali memilih Sri Mulyani sebagai Asia's Finance Minister of The Year.

Most Powerful Women 2008

Sri Mulyani kembali jadi sorotan setelah ia masuk daftar Most Powerful Women versi majalah Forbes Amerika Serikat. Bahkan, ia sempat empat kali masuk ke daftar ini, di antaranya peringkat 23 (2008), peringkat 72 (2012), peringkat 55 (2013) dan posisi 37 (2016).

Tokoh Paling Berpengaruh 2017

Pada 2017, Sri Mulyani masuk jajaran salah satu tokoh Indonesia paling berpengaruh (Globe Asia the Most Influential Indonesians). Saat itu, Globe Asia mengapresiasi keberhasilan Sri Mulyani soal program tax amnesty yang sukses mengembalikan pajak yang seharusnya dibayarkan oleh beberapa orang Indonesia di luar negeri.

Menteri Keuangan Terbaik se-Asia 2017

Majalah Keuangan Hong Kong Finance Asia menjadikan Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan terbaik pada 2017. Saat itu ia  dianggap memiliki reputasi gemilang dan etos kerja yang gigih, khususnya dalam memperbaiki sistem perpajakan Indonesia lewat program pengampunan pajak atau tax amnesty.

Menteri Terbaik Dunia 2018

Terbaru, Sri Mulyani berhasil menyandang Menteri Terbaik di Dunia dalam World Government Summit di Dubai, Uni Arab Emirates. Penghargaan tersebut diserahkan pemimpin Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum.

Wah, selamat Sri Mulyani!


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)