logo rilis
Isu Rohingya Jadi Prioritas Awal Dubes Baru RI untuk Myanmar
Kontributor
Syahrain F.
20 Februari 2018, 20:51 WIB
Isu Rohingya Jadi Prioritas Awal Dubes Baru RI untuk Myanmar
17 Dubes RI untuk negara-negara asing diambil sumpah sebelum dilantik oleh Presiden Joko Widodo, pada Selasa (20/2/2018), di Istana Negara, Jakarta. FOTO: Dok. Setkab

RILIS.ID, Jakarta— Duta Besar RI untuk Myanmar Irjen Pol Iza Fadri ingin membantu penyelesaian konflik di Rakhine State saat bertugas di negara tersebut.

"Jadi masalah Rohingya kita akan bantu Myanmar untuk menyelesaikan masalah internal mereka. Karena kita tahu masalah Rohingya tak terlepas dari permasalahan konflik di sana," kata Iza di Istana Negara Jakarta, Selasa (20/2/2018) usai dilantik sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Myanmar.

Iza, yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Sospol Kapolri mengatakan langkah pertamanya ketika tiba di Myanmar adalah meneruskan diplomasi kemanusiaan yang dilakukan pemerintah Indonesia soal Rohingya.

"Kita negara yang diterima mereka sebagai pihak yang membantu kemanusiaan di sana. Itu langkah pertama yang kita lakukan di sana. Bagaimana bantuan kemanusiaan ini bisa diserahkan ke masyarakat di sana," ungkap Iza.

Presiden pada 28 Januari 2018 lalu sudah menyerahkan sendiri bantuan Indonesia di kamp pengungsian Rohingya di Cox's Bazar, Bangladesh.

"Kita dukung bagaimana penyelesaian masalah Rohingya ini secara bermartabat, baik secara internasional maupun secara internal mereka," tambah Iza.

Sedangkan arahan dari Presiden menurut Iza adalah membantu Myanmar melalui mekanisme ASEAN.

"Secara spesifik sudah dituangkan dalam kebijakan menteri luar negeri dalam membantu Myanmar dalam konteks sebagai negara sahabat dan bagian dari negara ASEAN," jelas Iza.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)