logo rilis

Inilah Negara Teramah untuk Anak menurut Komisaris KPAI
Kontributor
Ning Triasih
29 Januari 2018, 20:13 WIB
Inilah Negara Teramah untuk Anak menurut Komisaris KPAI
ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Tingkat kekerasan terhadap anak di Indonesia cukup tinggi. Hal itu diketahui dari paparan data terkait kekerasan anak yang disampaikan Komisaris Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pendidikan Retno Listyarti dalam riliscorner di Kantor rilis.id, Pejaten, Jakarta Selatan, Senin (29/1/2018).

Retno mengatakan, dibanding negara-negara lain, sebenarnya hanya Indonesia yang punya badan khusus perlindungan anak, yakni KPAI. Artinya, perlindungan terhadap anak di Tanah Air sudah terjamin.

Namun, bagi Anda yang hendak berlibur ke luar negeri khususnya negara yang ramah untuk anak, datanglah ke Eropa.

Pasalnya, menurut Retno, Eropalah yang dianggap sebagai negara paling ramah terhadap anak. Ia juga menyarankan Indonesia mencontoh negara tersebut.

"Kalau dibilang paling ramah, sebenarnya menurut saya Eropa luar biasa," ucap Retno.

Mantan Kepala Sekolah SMA 3 Jakarta yang pernah dipecat Ahok itu menceritakan, Eropa sangat peduli terhadap kehidupan anak. Bahkan, siapa saja yang ketahuan mendiamkan anak yang sudah jelas-jelas dapat perlakuan tak menyenangkan, termasuk orangtua sekali pun, mereka akan dikenai sanki yang tegas.

"Saya contohkan begini ya, di Eropa itu misalnya saja belajar. Anak tidak boleh dibebankan orangtua untuk melakukan pekerjaan rumah," lanjutnya.

Retno lantas menjelaskan, jika orangtua 

melanggar atau kedapatan mengabaikan anak, maka mereka akan didenda. Lebih parahnya lagi, orangtua bisa saja dipisahkan dengan anaknya selama beberapa waktu.

"Jadi menurut saya mungkin Eropa negara yang aman dan ramah untuk anak," tutupnya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)