logo rilis
Ini Bukti Film Dilan 1990 Tak se-Perfect Novelnya
Kontributor
Ning Triasih
07 Februari 2018, 18:21 WIB
berita
Dilan 1990. FOTO: Instagram/@iqbaalramadhan43

RILIS.ID, Jakarta— Demam film Dilan 1990 tengah melanda Indonesia. Hampir semua masyarakat dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, politisi hingga selebriti, seolah kecanduan film yang diangkat dari novel karya Pidi Baiq tersebut.

Laris manis di pasaran, tak berarti film Dilan 1990 bebas kritikan. Nyatanya, ada beberapa persoalan yang beredar soal film yang diperankan Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla ini.

Baca Juga

Berikut kontroversi dan kritikan masyarakat tentang film yang tayang di bioskop sejak 25 Januari 2017 tersebut:

Pidi Baiq kecewa

Sempat tersiar kabar, Pidi Baiq kecewa dengan proses pembuatan film Dilan 1990. Fajar Bustomi selaku sutradara pun membenarkan, ada beberapa adegan yang disesali oleh Pidi Baiq. Pada saat pembuatan film, diketahui ada sejumlah adegan yang dipotong. Mengetahui hal ini, Pidi marah dan menegur sang sutradara.

Iqbaal tak cocok perankan Dilan

Banyak yang memuji akting Iqbaal. Namun, tak sedikit pula yang mengkritik. Pemilihan mantan anggota CJR sebagai Dilan itu dianggap kurang tepat. Kritikan bahkan terlontar dari penyanyi solo Anji. Ia menilai, Iqbaal yang punya image alim dan seorang anggota boyband, kurang cocok untuk menjadi sosok Dilan.

Setting kurang 90-an

Pengakuan salah satu penonton Dilan 1990, Nia, kepada rilis.id di Jakarta, Rabu (7/2/2018) mengatakan, nuansa 90-an mulai dari setting tempat, suasana, hingga kostum pemain masih jauh kurang terasa. "Setting-nya era 90-an enggak dapat," ungkapnya.

Kualitas gambar buruk

Selain itu, dari segi kualitas pengambilan gambar, sejumlah penonton juga mengaku kurang puas. Bahkan, ada sejumlah adegan yang gambarnya kabur atau kurang fokus dan goyang. Secera keseluruhan, film Dilan 1990 masih jauh dari kata "sempurna".

 

 

 

Bagikan artikel
Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)