logo rilis
Ini Alasan Sosis Tak Aman untuk Kesehatan
Kontributor
Ning Triasih
08 Februari 2018, 22:11 WIB
Ini Alasan Sosis Tak Aman untuk Kesehatan
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Sosis, siapa yang tak menyukainya. Hampir semua orang doyan makan daging olahan ini. 

Rasanya lezat, harga cukup ekonomis dan mudah didapat. Namun, tak banyak orang tahu bahayanya terhadap kesehatan. Apalagi jika sosis dikonsumsi secara berlebihan.

Bagi Anda penggemar sosis, mulai pertimbangkan dari sekarang. Seperti dilansir dari The Times of India, inilah alasan mengapa sosis tak aman untuk kesehatan:

Bahan berbahaya

Sosis adalah daging olahan yang membahayakan kesehatan dalam jangka panjang. Dalam proses pembuatannya, untuk meningkatkan daya tahan sosis, pabrik sering menambahkan bahan yang mungkin tampak tidak berbahaya. Namun, itu justru menyebabkan kerusakan permanen pada proses pencernaan Anda.

Penyedab rasa 

Agar sosis terasa lebih lezat, umumnya dicampur penyedap rasa secara berlebihan. Ini mengandung komposisi kimia yang meningkatkan rasa daging olahan dan sangat membahayakan kesehatan.

Natrium berlebih

Kadar natrium dalam sosis juga sangat tinggi, umumnya ditambahkan dengan tujuan mempertahankan rasa. Namun, konsumsi natrium dalam jumlah banyak dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti hipertensi dan masalah jantung.

Nitrosamin

Daging olahan membentuk nitrosamin saat dipanaskan dalam suku tinggi. Nitrosamin adalah penyebab utama kanker usus.

Bagi Anda yang tetap ingin menyantap sosis, sebaiknya buat sendiri di rumah, sehingga lebih terjamin kesehatannya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)