logo rilis

Fahri Hamzah Sempat Usul kepada Jokowi agar Gubernur DKI Dipilih Presiden
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
29 April 2017, 09:55 WIB
Fahri Hamzah Sempat Usul kepada Jokowi agar Gubernur DKI Dipilih Presiden
Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah mengaku, pernah mengajukan usul agar Gubernur DKI Jakarta dipilih langsung oleh presiden. Usulan itu, katanya, sempat disampaikannya kepada Presiden Joko Widodo dalam sebuah pertemuan.

Dia mengatakan, konsep Gubernur DKI dipilih langsung oleh presiden merupakan gagasan dari pakar hukum tata negara, Yusril Ihza Mahendra. Gagasan itu muncul lantaran Pilkada DKI adalah yang paling mendapat sorotan daripada pilkada serentak pada tahun ini yang digelar di 101 wilayah di Indonesia.

“Saya berseloroh dengan Presiden, DKI terlalu partisan, Pak," kata Fahri di Kompleks Parlemen Jakarta, Jumat (28/4/2017).

Dia mengatakan, pelaksanaan Pilkada DKI yang baru saja digelar telah menyita perhatian seluruh masyarakat tidak hanya di DKI, melainkan di berbagai daerah di Indonesia. Apalagi, katanya, Pilkada DKI itu juga membuat suasana politik di Indonesia sempat panas karena berbagai isu yang muncul.

Dengan menyerahkan pemilihan Gubernur DKI kepada presiden, ujar politisi PKS itu, maka bisa menekan guncangan politik yang dikhawatirkan akan menimbulkan konflik di masyarakat.

"Yang nyoblos siapa, yang marah siapa,” ujar Fahri.

Fahri mengaku, selorohnya kepada Jokowi agar Gubernur DKI dipilih langsung presiden itu juga sempat mendapatkan tanggapan dari orang nomor satu di Indonesia tersebut.

"Dengan merengut Presiden bilang ke saya, ‘Sampeyan terlambat ngomongnya’,” pungkasnya.


#Fahri Hamzah
#Gubernur DKI
#Jokowi
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)