logo rilis
Fadli Zon Sambut Baik Penghentian Semua Proyek 'Elevated'
Kontributor
Zul Sikumbang
20 Februari 2018, 23:41 WIB
Fadli Zon Sambut Baik Penghentian Semua Proyek 'Elevated'
Sejumlah pekerja mengangkat sisa runtuhan akibat ambruknya girder di proyek Tol Becakayu, Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur, Selasa (20/2/2018). FOTO:RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, menyambut baik keputusan pemerintah menghentikan seluruh proyek "elevated" dan wacana audit keselamatan pada seluruh pengerjaan konstruksi yang sedang berlangsung. Sebab, menghindari kecelakaan terulang kembali.

"Saya kira, keputusan yang tepat. Jangan sampai ada lagi kecelakaan semacam yang terjadi dini hari tadi. Sampai semuanya selesai diaudit dan dievaluasi, proyek infrastruktur yang bisa berisiko fatal sebaiknya dihentikan terlebih dahulu proses pengerjaannya," ujarnya kepada rilis.id di Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Sebelumnya, tiang girder Tol Becakayu ambruk, Selasa (20/2) dini hari, sekitar pukul 03.30. Insiden tersebut melukai tujuh pekerja. Dengan demikian, terjadi 14 kecelakaan konstruksi dalam enam bulan terakhir.

Menurut Fadli, pemerintah harus mengevaluasi secara serius tiap proyek infrastruktur. Soalnya, banyak terjadi kecelakaan kerja.

"Insiden tersebut terus terang sangat mengkhawatirkan. Karena, ini adalah insiden kesembilan dalam lima bulan terakhir," jelas Wakil Ketua Umum DPP Gerindra itu.

Jika kecelakaan terulang pada kemudian hari, dia berkeyakinan, bakal memunculkan banyak pertanyaan dari publik. "Bagaimana kita bisa percaya, jika infrastruktur yang sedang dibangun itu nantinya benar-benar aman saat telah digunakan?" tandas Fadli mencontohkan pertanyaan yang bakal mencuat.

Editor: Fatah H Sidik


500
komentar (0)