logo rilis

Dua Ribu Lebih Pulau di Kepri Belum Berpenghuni
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
14 Februari 2018, 16:46 WIB
Dua Ribu Lebih Pulau di Kepri Belum Berpenghuni
Kepala BNPP, Tjahjo Kumolo. FOTO: Humas BNPP.

RILIS.ID, Batam— Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) harus mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat. Karena, daerah tersebut berbatasan dengan empat negara, yakni Malaysia, Siangapura, Vietnam dan Thailand.

"Terdapat juga 366 pulau yang telah berpenghuni dan 2.042 pulau belum berpenghuni serta 52 buah pulau terdepan (batas negara dan batas provinsi)," kata Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Tjahjo Kumolo beberapa waktu lalu.

BNPP mencatat, terdapat 36 lokasi prioritas di lima kabupaten/kota Kepri, karena termasuk lokasi pulau kecil terluar, dan masuk dalam exit-entry point.

Sementara, terdapat juga sejumlah titik lokasi yang dijadikan sebagai Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN), yaitu Batam, Natuna dan Kepulauan Anambas.

"Selain pertimbangan tadi, Kepulauan Riau juga memiliki sejumlah potensi alam seperti pariwisata bahari dan perikanan," ujar dia.

Kementerian dan lembaga terkait dibawah koordinasi BNPP sudah melakukan sejumlah realisasi program untuk memajukan serta menyejahterakan warga di Kepuauan Riau. 

Pelabuhan perikanan dan dermaga di Selat Lampa menjadi salah satu kontribusi nyata yang ada di sana.

Direncanakan juga pembangunan bandara komersial, pelabuhan hingga kebutuhan air bersih di Pulau jemanja. Lalu pembangunan bandara khusus, pelabuhan, jaringan telekomunikasi hingga air bersih juga akan direalisasikan di Tarempa dan Pulau Siantan. 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)