logo rilis
Capreskan Jokowi Dinilai Mendongkrak Elektabilitas PDIP
Kontributor
Tio Pirnando
25 Februari 2018, 10:45 WIB
Capreskan Jokowi Dinilai Mendongkrak Elektabilitas PDIP
Ilustrasi: RILIS.ID/Fafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti menilai, dampak dukungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mendongkrak elektabilitas partai berlambang kepala Banteng itu di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

"Saya rasa dukungan itu sudah merupakan suara mayoritas di PDIP. Jadi, antara keinginan elit dan arus massa adalah sama. Yakni mendukung Jokowi sebagai capres. Elektabilitas PDIP juga tak terganggu. Selama ini, partai ini memang sudah diasosiasikan dengan Jokowi. Faktanya suara PDIP stabil, tidak mengalami penurunan seperti yang dialami oleh partai-partai lain," ujarnya kepada rilis.id, Minggu (25/2/2018).

Menurutnya, PDIP telah bertindak realistis dengan cepat memutuskan mencalonkan kembali Jokowi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.
 
"Memang pilihan yang paling realistis itu adalah tetap mendukung Jokowi sebagai Capres 2019 yang akan datang," katanya.

Dia menilai, keputusan yang diambil PDIP sudah sesuai dengan hasil beberapa survei. Sebab, elektabilitas mantan Gubernur DKI Jakarta itu terus meroket.

"Jika merujuk ke banyak hasil survei yang memperlihatkan trend kenaikan elektabilitas Jokowi. Dan hingga Februari ini elektabilitas Jokowi makin tak bisa dikejar," paparnya.

Sebelumnya, PDIP kembali memutuskan mengusung Jokowi pada Pilpres 2019. Keputusan itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri, saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP, Bali, beberapa saat lalu.
 

Editor: Sukma Alam


500
komentar (0)