logo rilis

Besok KPK Periksa Zumi Zola sebagai Tersangka
Kontributor
Tari Oktaviani
14 Februari 2018, 17:44 WIB
Besok KPK Periksa Zumi Zola sebagai Tersangka

RILIS.ID, Jakarta— Gubernur Jambi, Zumi Zola, akan diperiksa esok hari oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pemeriksaannya ini merupakan pemeriksaan perdana, setelah ia ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

"Informasi yang saya dapatkan dari penyidik, surat panggilan terhadap ZZ (Zumi Zola) telah dikirimkan di awal minggu ini untuk rencana pemeriksaan besok, Kamis 15 Februari 2018," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Belum dipastikan apakah Zumi esok akan hadir memenuhi panggilan KPK atau tidak. Namun pihak KPK mengimbau agar Zumi kooperatif dengan memenuhi panggilan kali ini.

Sebelumnya sejumlah saksi juga pernah diperiksa oleh penyidik KPK. Terakhir, ada seorang swasta bernama Mantes diperiksa untuk kasus yang menjerat Zumi Zola tersebut.

‎‎KPK resmi menetapkan tersangka Gubernur Jambi Zumi Zola dan Plt Kadis PUPR Jambi Arfan, sebagai tersangka suap dan gratifikasi atas proyek-proyek di Pemprov Jambi.‎ Keduanya, ditetapkan sebagai tersangka suap dan gratifikasi atas proyek-proyek di Pemprov Jambi senilai Rp6 miliar.

Zumi Zola dan Arfan diduga kuat menerima gratifikasi dari sejumlah pengusaha di sejumlah proyek di Pemprov Jambi. Adapun uang gratifikasi yang diterima dari sejumlah proyek itu disiapkan Zumi Zola sebagai 'uang ketok' agar DPRD Jambi memuluskan APBD Jambi tahun anggaran 2018.

Atas perbuatannya, Zumi Zola dan Arfan disangkakan pasal 12 huruf B Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Dalam kasus ini, KPK lebih dulu menetapkan empat orang tersangka dalam kasus suap pengesahan APBD Provinsi Jambi. Keempat tersangka itu yakni anggota DPRD Provinsi Jambi Supriyono, Plt Sekda Jambi, Erwan Malik, Plt Kadis PUPR Jambi Arfan, dan Asisten Daerah III Syaifuddin.

Editor:


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)