logo rilis

Banjir Bandang Melanda Bima, BNPD NTB: Tidak Ada Korban Jiwa
Kontributor
RILIS.ID
17 Februari 2017, 14:03 WIB
Banjir Bandang Melanda Bima, BNPD NTB: Tidak Ada Korban Jiwa

RILIS.ID, Mataram— Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Barat H. Muhammad Rum memastikan tidak ada korban jiwa akibat banjir bandang yang melanda Kota Bima.

"Tidak ada korban jiwa, kalau ada itu hoax," kata Muhammad Rum melalui pesan singkat yang diterima wartawan di Mataram, Kamis (22/12/2016).

Ia menuturkan, secara umum Kota Bima lumpuh total, perkantoran, sekolah, dan perdagangan tidak bisa berjalan. Seluruh lapisan masyarakat bersama pemerintah daerah, TNI/Polri, Basarnas, sibuk membantu membersihkan rumah warga dari lumpur bekas banjir.

Menurutnya, yang dibutuhkan warga Kota Bima saat ini adalah bantuan air bersih, obat-obatan, dan makanan. Selain itu, bantuan pangan, dan sandang, peralatan seperti perahu karet, genset juga sangat dibutuhkan warga. Mengingat aliran listrik belum bisa menyala.

"Hari ini, seluruh bantuan yang sudah dikirimkan dari Mataram sudah tiba di Bima, sehingga bisa didistribusikan kepada para korban yang terkena banjir," ujarnya.

Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Pencatatan Sipil NTB HL Ahsanul Khalik mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan bantuan berupa 480 selimut, terpal, pembuatan dapur umum yang diperuntukkan untuk kebutuhan logistik para pengungsi banjir bandang Bima.

"Seluruh bantuan sudah diberangkatkan menuju Bima. Begitu tiba langsung kita bagikan kepada warga yang menjadi korban banjir," tandasnya.

Seperti diketahui, Gubernur NTB TGH M. Zainul Majdi sudah menetapkan masa tanggap darurat banjir Kota Bima dan Kabupaten Bima selama tiga hari.

Dalam instruksinya, gubernur meminta semua pihak untuk fokus terhadap kesehatan jiwa yang menjadi korban banjir. Tidak itu saja, personel TNI dan Polri serta aparat gabungan lainnya diminta agar membantu masyarakat membersihkan lumpur dari rumah-rumah mereka.

"Saat ini, seluruh lapisan masyarakat, bersama pemerintah, TNI/Polri, Basarnas dan relawan sibuk membersihkan lumpur bekas banjir," kata Gubernur saat meninjau banjir di Kota Bima.

Antara


#Banjir Bima
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)