logo rilis

Asupan Terbaik untuk Ibu Menyusui
Kontributor
Ning Triasih
24 Februari 2018, 21:03 WIB
Asupan Terbaik untuk Ibu Menyusui
Ibu menyusui. ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Ibu menyusui harus banyak makan. Namun, makanannya tak boleh sembarangan. Harus mampu memberikan cukup nutrisi, baik untuk ibu maupun si bayi.

Lalu apa saja makanan terbaik yang direkomendasikan untuk para ibu menyusui?

Gandum utuh dan beras merah

Gandum utuh dan beras merah adalah sumber karbohidrat yang kaya serat. Manfaatnya sangat baik bagi ibu menyusui dan bayi karena kaya akan asam folat.

Telur dan ikan

Cukupi protein ibu dan si bayi lewat ikan dan telur. Pilihlah telur yang diperkaya DHA untuk memperoleh kandungan asam lemak esensial yang lebih tinggi. Cukupi juga dengan ikan, setidaknya dua porsi seminggu. Pilihlah ikan yang kaya akan DHA, seperti salmon yang baik untuk perkembangan sistem saraf bayi, serta mengurangi stres pasca melahirkan.

Buah dan sayuran

Buah dan sayur yang kaya serat dan nutrisi berperan penting untuk perkembangan ibu dan anak. Namun, Pastikan buah dan sayuran yang Anda konsumsi bebas dari pestisida agar terjamin keamanannya.

Susu rendah lemak

Ibu menyusui juga perlu mengonsumsi produk susu rendah lemak. Hal ini bertujuan untuk memperkuat tulang dengan adanya kandungan vitamin D, protein dan vitamin B. Yoghurt, susu, keju, dan produk susu rendah lemak lainnya adalah salah satu sumber kalsium terbaik.

Cukup minum

Ibu menyusui tak boleh kekurangan cairan. Karena itu, minumlah air putih secara teratur untuk mencukupi kebutuhan cairan. Tak perlu lebih dulu menunggu rasa haus itu datang. Memang, jumlah asupan air tidak memengaruhi suplai ASI untuk si bayi. Namun, cukup minum sangatlah penting bagi ibu saat menyusui.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)