logo rilis
80 Persen Perlintasan Kereta Api di Indonesia Liar
Kontributor
Syahrain F.
12 April 2018, 01:55 WIB
80 Persen Perlintasan Kereta Api di Indonesia Liar
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Madiun— Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat, 80 persen dari 5.800 perlintasaan kereta api di seluruh Indonesia tergolong liar atau tidak terjaga sehingga rawan kecelakaan.

"Sesuai catatan dari 5.800 perlintasan KA yang ada di Indonesia, sebanyak 4.600 perlintasan di antaranya tidak terjaga, sedangkan sisanya sebanyak 1.200 perlintasaan atau sekitar 20 persennya telah terjaga," ujar Direktur Keselamatan Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI Edi Nursalam di Madiun, Rabu (11/4/2018).

Untuk itu, pemerintah melakukan upaya agar kecelakaan yang melibatkan kereta di perlintasaan liar tidak terjadi dan terulang.

"Upaya tersebut di antaranya adalah dengan melakukan penutupan secara bertahap, yang diawali dari perlintasan yang kecil-kecil," kata Edi.

Pada awal 2018, terang Edi, Kemenhub telah menutup 313 titik perlintasan tidak terjaga. Sedangkan di wilayah PT KAI Daop 7 Madiun pada awal 2018 sudah ada 49 perlintasan liar yang ditutup.

"Penutupan akan dilakukan secara bertahap. Sebelum Lebaran ini ditargetkan perlintasan liar yang kecil-kecil itu sudah kita tutup," katanya.

Upaya lain untuk mencegah kecelakaan di perlintasan liar adalah larangan kendaraan-kendaraan besar untuk melintas.

Ia menambahkan, upaya-upaya itu diambil demi keselamatan perjalanan kereta api dan masyarakat pengguna jalan, terlebih sebentar lagi menghadapi masa angkutan Lebaran 2018 di mana intensitas perjalanan KA akan meningkat.

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)