logo rilis

5 Fakta Menarik Insiden Anies Baswedan di GBK
Kontributor

19 Februari 2018, 15:45 WIB
5 Fakta Menarik Insiden Anies Baswedan di GBK
Final Piala Presiden 2018. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Kemenagan telak Persija atas Bali United pada laga final Piala Presiden 2018, Sabtu (17/2) lalu, menyisakan video berdurasi 14 detik, yang kemudian viral di media sosial.

Dalam video itu, terlihat Anies dicegat oleh anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengikuti rombongan Presiden Joko Widodo yang turun dari podium VVIP untuk memberikan piala kepada Persija.

Berikut lima fakta menarik dirangkum rilis.id, terkait peristiwa yang dinilai peneliti politik LIPI, Siti Zuhro, sebagai krisis tata krama tersebut.

1. Prediski Anies Benar
Sebelum pertadingan, tepatnya tanggal 15 Februari 2018, Anies memprediksi Persija akan menang dengan skor 3-0. “Feeling saya, Persija bisa masukkan tiga…” ujar Anies dalam sebuah konferensi pers, yang didampingi Maruarar Sirait. Hasilnya benar. Persija bungkam Bali United 3-0.

2. Wajah Anies Bingung
Ketika hendak turut mengikuti rombongan Presiden Joko Widodo untuk memberikan piala kepada Persija, wajah Anies terlihat bingung dan murung ketika dicegat oleh seorang Paspampres. Beberapa saat kemudian, Anies memilih mundur dan kembali ke kursinya.

3. Beda Anies dan Ahok
Piala Presiden tahun 2015 lalu, di tempat yang sama, Jokowi menyerahkan piala kepada Persib yang keluar sebagai kampiun, didampingi Gubernur DKI Jakarta ketika itu, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Namun pada perhelatan tahun ini, sekalipun Persija keluar sebagai pemenang, Gubernur DKI jakarta yang baru diperlakukan berbeda.

4. Insiden yang Dikecam
Sejumlah kalangan mengecam insiden tersebut. Diantaranya datang dari Fahri Hamzah. Wakil Ketua DPR RI melalui akun resmi twitternya menulis, "Adegan ini kalau benar harus dijelaskan kepada publik oleh @KemensetnegRI. Kenapa gubernur DKI @aniesbaswedan Gak boleh ikut sementara pejabat Gak jelas pada ikut? Ahok aja diajak naik mobil RI1 padahal terdakwa... #NgawurKalian!" cuitnya.

5. GBK Effect
Sekalipun wajah Anies terlihat bingung dan murung saat dicegat, simpati publik dituai Gubernur DKI Jakarta itu. Tak sedikit yang berandai-andai, bila Pilpres digelar bulan depan, Anies Baswedan disebut bakal melenggang mulus gegara insiden tersebut; GBK effect.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)