Home » Peristiwa » Daerah

2018, Pemkab Banggai Siap Tanggung Iuran BPJS Ketenagakerjaan 4.000 Petani

print this page Rabu, 15/11/2017 | 00:37

RILIS.ID, Banggai— Bupati Banggai, Herwin Yatim, mengapresiasi terobosan Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) di wilayah kerjanya. Sebab, 1.375 Anggota Gempita telah bermitra dan menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Bahkan, dia berjanji premi BPJS Ketenagakerjaan tersebut bakal ditanggung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai pada 2018. Syaratnya, Gempita mendaftarkan petani sebagai peserta hingga total 4.000 orang. "Kita yang bayar iurannya," ujarnya baru-baru ini.

Dia menjanjikan demikian, lantaran Pemkab Banggai dalam waktu dekat segera membahas Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2018. Nilainya, diperkirakan Rp2,1 triliun.

"Ini kue pembangunan, hakikatnya untuk rayat. Kalau tidak dirasakan oleh masyarakat, seperti petani dan nelayan, yang berdosa siapa? Pemerintah," bebernya.

Bupati Herwin menambahkan, sedikitnya 6.000 petani di Banggai, Sulawesi Tengah, telah terdaftar sebagai peserta asuransi. Kala gagal panen, pemerintah akan menggantinya. "Tapi ini belum dipahami semua. Sehingga, kami harap Bapak ini, rajin-rajinlah berkomunikasi dan berorganisasi," sarannya.

Meski demikian, Bupati Herwin meminta kepada Anggota Gempita Banggai tak berpolitik. Namun, fokus pada kerja-kerjanya sebagaimana amanat yang diberikan. "Tidak boleh berpolitik," tegasnya.

Dia menekankan demikian, karena telah diamanatkan Presiden Joko Widodo, di mana kepala daerah diminta fokus mengurus rakyat. "Rakyat yang mana dulu? Rakyat yang produktif, rakyat yang tidak terpangaruh dengan hal-hal negatif, rakyat yang mau diarahkan dan bekerja secara baik," tandas Bupati Herwin.

Penulis Fatah Sidik
Editor Sukarjito

Tags:

BanggaiGempitaBPJS KetenagakerjaanPetani

loading...