logo rilis
20 Wilayah di Jatim Rawan Banjir, Gus Ipul Minta Masyarakat Waspada
Kontributor
Budi Prasetyo
25 November 2017, 22:30 WIB
20 Wilayah di Jatim Rawan Banjir, Gus Ipul Minta Masyarakat Waspada
Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf . FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Surabaya— Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengimbau agar masyarakat di wilayah rawan banjir dan longsor tetap waspada. Mereka diimbau segera mengungsi jika menemui tanda tanda akan terjadi bencana.

"Kita meminta agar masyarakat yang tinggal di lereng bukit dan rawan banjir tetap waspada. Kenali lingkungan dengan baik dan ikutilah tanda tanda alam," katanya saat memperingati hari guru di STKIP Al Hikmah Surabaya, Sabtu (25/11/2017).

Gus Ipul sapaan akrabnya menegaskan, Pemprov Jatim sudah memasang alat pendeteksi dini ancaman banjir di Jatim. Dengan alat itu, informasi kemungkinan ancaman banjir bisa diantisipasi.

"Beberapa kali ketika banjir di beberapa tempat kita bisa diketahui datang jam berapa susut dan ketinggiannya," tambahnya.

Sebelumnya, Pemprov Jatim sudah mendeteksi potensi ancaman banjir dan longsor di beberapa wilayah Jatim. Khususnya, di wilayah dataran tinggi pesisir selatan. Bahkan untuk mengantisipasi bencana banjir itu, Pemprov sudah menyediakan anggaran sekitar Rp100 miliar. 

"Sekali lagi, kewaspadaan semua pihak baik masyarakat maupun pemerintah harus ditingkatkan. Ini memasuki musim penghujan, banyak ancaman bencana seperti banjir, angin puting beliung dan 
Longsor. Kita anggaran kedaruratan kira-kira Rp100 miliar," pungkasnya.

Sekadar diketahui, data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim menyebutkan ada 20 kabupaten/kota di Jatim yang rawan banjir. Sebagaian besar wilayah itu ada di pesisir selatan Jawa Timur. 


#Saifullah Yusuf
#Wakil Gubernur Jatim
#Bencana Banjir
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID