logo rilis
18 Kab/Kota Kirim Kotak Suara ke KPU Jatim
Kontributor

06 Juli 2018, 10:00 WIB
18 Kab/Kota Kirim Kotak Suara ke KPU Jatim
Pasangan calon gubernur-wakil gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Emil Dardak, Jawa Timur, Pilkada. ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Surabaya— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur mencatat sebanyak 18 KPU kabupaten/kota mengirimkan kotak suara berisi rekapitulasi suara hasil Pilkada Jatim 27 Juni 2018.

"Yang sudah mengirim hingga Kamis (5/7) malam sebanyak 18 KPU dan menunggu 20 daerah lainnya," ujar Kabag Hukum, Teknis dan Humas KPU Jatim Slamet Setioadji kepada wartawan, di Surabaya, Jumat (6/7/2018).

Sebanyak 18 KPU kabupaten/kota tersebut, yakni Kota Pasuruan, Gresik, Kota Batu, Nganjuk, Probolinggo, Blitar, Kediri, Probolinggo, Ponorogo, Tuban, Sidoarjo, Madiun, Trenggalek, Pasuruan, Bondowoso, Sumenep, dan Bangkalan.

Pengiriman kotak suara, kata dia, sesuai jadwal adalah 4-6 Juli dan sehari berikutnya merupakan waktu dimulai proses rekapitulasi tingkat provinsi.

"Alokasi waktu pengiriman yang sudah kami sediakan sebanyak tiga hari. Harapannya semua bisa segera dikirim," ujarnya lagi.

Untuk menerima kotak suara yang berisi hasil rekapitulasi di tingkat KPU kabupaten/kota, lanjut dia, pihaknya sudah menugaskan seluruh staf agar memberi kemudahan yang akan mengirim hasil rekapitulasi.

"Pelayanannya sampai 24 jam. Ini adalah upaya maksimal yang kami lakukan setiap tahapan, termasuk menjelang rekapitulasi suara," katanya.

Pilkada Jatim digelar 27 Juni 2018 untuk memilih gubernur dan wakil gubernur periode 2019-2024 diikuti dua pasangan calon, yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dengan nomor urut 1, dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno nomor urut 2.

Pasangan nomor 1 merupakan calon dari koalisi Partai Demokrat, Golkar, PAN, PPP, Hanura dan NasDem, sedangkan pasangan nomor 2 adalah calon dari gabungan PKB, PDI Perjuangan, PKS serta Gerindra.

Hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei  menunjukkan kemenangan Khofifah-Emil dengan memperoleh suara sebesar sekitar 55 persen, sedangkan pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno memperoleh sekira 45 persen suara.

Sumber: ANTARA




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID