Home » Peristiwa » Dunia

17 Tewas dalam Bencana Banjir Lumpur dan Longsor di California

print this page Kamis, 11/1/2018 | 13:08

Kendaraan polisi melintasi jalan dengan banjir lumpur di Montecito, California, Selasa (9/1). FOTO: Getty Images/Frederic J. Brown

RILIS.ID, Washington— Sedikitnya 17 orang menjadi korban tewas akibat bencana banjir lumpur dan longsor besar yang menerjang California, Amerika Serikat (AS). Sementara 17 lainnya dilaporkan hilang, sebagaimana dilansir dari kantor berita Anadolu Agency, mengutip pernyataan otoritas terkait.

Kepala polisi wilayah Santa Barbara County Bill Brown mengatakan, dia tidak yakin korban yang dilaporkan hilang adalah orang yang sama dengan jasad ditemukan tewas—dilihat dari angka korban hilang dan tewas yang sama. 

Tim medis masih berupaya mengidentifikasi jasad korban.

Proses evakuasi terus diupayakan oleh pihak berwajib. Mereka harus berjibaku dengan kondisi ekstrem seperti lumpur, pohon-pohon yang tumbang, dan tiang listrik yang ambruk.

"Sangat mengejutkan melihat tingkat kerusakan ini, melihat luasnya area yang terdampak," kata Brown, Rabu (10/1).

Lebih dari 500 personel Badan SAR AS dikirim ke area itu, lengkap dengan 10 anjing pelacak yang diterjunkan ke area yang digenangi lumpur. Tiga orang berhasil diselamatkan.

Lokasi yang hancur oleh badai ini sebelumnya juga mengalami kerusakan karena kebakaran hutan terburuk dalam sejarah California. 

Warga semakin khawatir karena diketahui tanah bekas kebakaran sulit diresapi air hujan sehingga meningkatkan kemungkinan bencana longsor.


Sebuah rumah di Montecito, California, ambles akibat bencana longsor. FOTO: Dok. petugas kebakaran AS

Penulis Syahrain F.
Sumber Anadolu Agency

Tags:

bencana lumpur californiaamerika serikat