logo rilis
11 Peninggalan Bersejarah Sultra Jadi Warisan Nasional
Kontributor
Ning Triasih
15 Maret 2018, 22:17 WIB
11 Peninggalan Bersejarah Sultra Jadi Warisan Nasional
Tari Lariangi. FOTO: Blog Reservasi

RILIS.ID, Kendari— Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan, 11 warisan budaya bersejarah Sulawesi Tenggara (Sultra) sebagai warisan budaya nasional.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra Zainal Kamase di Kendari mengatakan, penetapan budaya tak benda tersebut telah melalui verifikasi dan penelitian secara ilmiah.

"Warisan budaya yang masih dilestarikan itu, yakni enam jenis terdapat di Kabupaten Muna, tiga warisan budaya di Kota Kendari, serta masing-masing satu warisan budaya di Kota Baubau dan Wakatobi," ungkap Zainal Kamase, Kamis (15/3/2018) seperti dilansir ANTARA.

Lanjutnya, ke-11 warisan budaya tersebut di antaranya kalosara, mosehe, tari Lulo, tari Linda, tari Lariangi, kabanti, kaghati, tradisi karia, budaya kaogo-ogo, kantola dan malige.

"Saat ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, membuka peluang sebesar-besarnya kepada masyarakat di Sultra untuk mengidentifikasi setiap warisan budaya lokal yang dinilai memiliki sejarah, sehingga menambah catatan budaya nasional," ujarnya.

Untuk melestarikan warisan tersebut, dinas pendidikan dan kebudayaan Sultra sejauh ini terus menjalin kerja sama dengan sejumlah paguyuban dan sanggar seni, di antaranya dengan menggelar pentas seni budaya serta sosialisasi.


500
komentar (0)